Pamulang – Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi mengamanatkan bahwa standar proses perguruan tinggi mencakup 4 hal yakni: a) karakteristik proses Pembelajaran; b) perencanaan proses Pembelajaran; c) pelaksanaan proses Pembelajaran; dan d) beban belajar mahasiswa.
Perencanaan pembelajaran disajikan dalam bentuk Rencana Pembelajaran Semester (RPS), dimana salah satunya terdapat komponen bahan ajar. Selanjutnya, pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung dalam bentuk interaksi antara dosen, mahasiswa, dan sumber belajar dalam lingkungan belajar tertentu.
Berdasarkan dua hal di atas, sudah jelas bahwa dosen wajib memenuhi standar proses seperti mengembangkan bahan ajar dan menciptakan lingkungan belajar yang interaktif. Bahan ajar yang dikembangkan di Universitas Pamulang berbentuk Modul dan Video Pembelajaran, serta lingkungan belajar yang interaktif melalui pendekatan blended learning (perpaduan pembelajaran luring dan daring).
Guna mempercepat pemenuhan kebutuhan bahan ajar modul ISBN, video pembelajaran, serta kualitas pembelajaran daring/ e-learning tersebut, maka Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) bersama dengan seluruh Program Studi di Lingkungan Universitas Pamulang mengadakan rapat koordinasi yang berlangsung secara daring pada hari Kamis, 23 September 2021 mulai pukul 09.45 – 12.00. Rapat ini dihadiri oleh Wakil Rektor I, Ketua LP3 beserta tim, para Ketua Program Studi, para Dosen Pengembang Program Studi Bidang Pendidikan, para Koordinator E-Learning, dan para Editor Modul ISBN Program Studi.
Ketua LP3 Dr. Dameis Surya Anggara, M.Pd., dalam laporannya menyampaikan bahwa pada semester genap 2020/2021 ada penambahan 47 modul ISBN dan 114 video pembelajaran. Adapun capaian pembelajaran daring meliputi create dosen sebesar 97,38%, intensitas dosen sebesar 66,55% dan partisipasi mahasiswa 79,54%. Tentunya capaian ini perlu disyukuri dan wajib untuk ditingkatkan pada semester berikutnya.
Kemudian Wakil Rektor I, Ubaid Al Faruq S.Pd., M.Pd., menyampaikan ajakan untuk selalu meningkatkan pencapaian pengembangan bahan ajar seperti modul ISBN, video pembelajaran, artikel riset, dan sejenisnya serta meningkatkan kualitas pembelajaran daring/ e-learning.
Hasil rapat koordinasi ini menyepakati bahwa harus ada kolaborasi yang erat antara LP3 dan Program Studi untuk menghasilkan modul ISBN, video pembelajaran, serta pembelajaran yang berkualitas. Program studi akan menyiapkan paling sedikit 5 draf modul mata kuliah per semester dan 1 paket rencana produksi video pembelajaran per semester, sedangkan LP3 akan memfasilitasi berupa pendampingan secara intensif kepada setiap program studi. Selain itu, program studi juga akan meningkatkan kualitas pembelajaran daring melalui pembimbingan terhadap para dosen agar meningkatkan create, partisipasi, dan intensitasnya.
Penulis: Dameis Surya Anggara